Selasa, 17 Agustus 2010

Sedang Menuju Psoses Pemuatan Jurnal Nasional

ABSTRAK

RANDHYNI SURYASTUTI (20206763)

PENGARUH DEBT DEFAULT, KONDISI KEUANGAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN

Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2010

(xv + 135 + Lampiran)

Kata Kunci: Debt Default, Z Score Altman, Rasio Pertumbuhan Penjualan, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Opini Audit Going Concern, Logistic Regression.

Pengeluaran opini going concern yang tidak diharapkan oleh perusahaan, berdampak pada kemunduran harga saham, kesulitan dan meningkatkan modal pinjaman, tidak percayaan investor, kreditur, pelanggan, dan karyawan terhadap manajemen perusahaan, bahkan yang lebih parah lagi adalah timbulnya persepsi manajemen bahwa suatu laporan yang dimodifikasi dapat mempercepat perusahaan mengalami kebangkrutan (Jones, 1996). Apabila tidak segera mengambil tindakan penanganan maka kebangkrutan usaha akan benar-benar terjadi.

Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2007 – 2009 yaitu sebanyak 163 perusahaan. Sampel penelitian 26 perusahaan yang dipilih dengan metode purposive sampling. Dengan periode pengamatan 3 tahun. Data skunder yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat analisis Regresi Logistik.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bukti empiris bahwa debt default berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Kondisi keuangan perusahaan berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Opini audit tahun sebelumnya berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Sementara itu variabel pertumbuhan perusahaan tidak terbukti berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern.

Daftar Pustaka (1988 – 2007)

0 komentar:

Posting Komentar