Senin, 09 November 2009

TIPS EFEKTIF MENGHADAPI GEMPA BUMI

Apakah Anda merasakan hebatnya gempa bumi tempo hari? gempa berkekuatan 7,3 SR itu memang sangat mengkhawatirkan. Bagaimana tidak? gempa bumi yang terjadi pada tengah hari bolong itu berhasil membuat banyak orang panik termasuk kita sendiri. Dalam keadaan tersebut dibutuhkan pengetahuan bagi kita untuk menyelamatkan diri agar terhindar dari kemungkinan terburuk yang terjadi. Apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh kita ketika gempa tersebut datang kembali? Berikut beberapa tipsnya :

1. Berusahalah untuk tetap tenang.
2. Bila Anda berada di luar ruangan, segera menuju daerah terbuka yang jauh dari pohon, gedung maupun saluran listrik.
3. Jika tengah berkendaraan, segeralah menepi dan berhenti, jangan berhenti di atas jalan layang (fly over) atau aliran listrik.
4. Bila Anda berada di dalam ruangan, namun jauh dari pintu keluar, segeralah bersembunyi di bawah perabot yang dapat melindungi Anda, seperti di bawah meja, di bawah tempat tidur atau segera berdiri di sudut ruangan (secara konstruksi lebih kuat di banding dinding yang lain).
5. setelah guncangan berhenti, segera menujunke tangga darurat gedung sesuai prosedur evakuasi yang berlaku. Jangan sekalipun menggunakan lift. Karena setelah gempa terjadi, fisik bangunan dimungkinkan akan bergeser (tidak persis) dan listrik gedung biasanya akan mengalami gangguan setelah gempa.
6. Bila Anda berada dalam ruangan, namun dekat dengan pintu keluar, segeralah keluar dan jauhi gedung / rumah Anda tersebut. Carilah bidang lapang di dekat rumah Anda.
7. Apabila berada di tempat keramaian, jangan ikut berdesakan menuju pintu keluar, jauhi tempat yang menurut Anda rawan benda-benda jauh.
8. Jangan sekalipun mencoba kembali ke dalam gedung, sebelum ada pemberitahuan dari pihak berwenang. Karena gempa biasanya datang secara bersusulan.

Sumber : Majalah Berita Gas

0 komentar:

Posting Komentar