Minggu, 10 Januari 2010

Langsing dengan Bahan Alami

1. Mengkudu (Morinda Citrifolia). Meskipun mengkudu sudah dikenal sebagai tumbuhan multi khasiat, tidak banyak yang engetahui bahwa tanaman ini juga berkhasiat menurunkan berat badan. Buahnya dapat menguurangi lemak tubuh yang berlebihan. Mengkudu mengandung asetil ester, kapron, dan soraniiol.


2. Jati Belanda (Guazuma ulmifolia). Jati Belanda atau jati londo sudah dikenal sebagai obat tradisional untuk menurunkan berat badan. Bahkan perusahaan jamu tradisional ada yang memproduksi tanaman tersebut sebagai teh pelangsing (slimming tea).

3.Bengle (Zingiber Cassumunar). Rimpang Bengle mengandung asam organik yang berkhasiat mengurangi lemak dalam tubuh. Air rebusan bengle jika diminum segelasa sehari dapat menurunkan berat badan.

4. Nenas (Ananas Comosus). Nenas selain dikenal sebagai sumber vitamin C juga dapat menjadi obat pelangsing dengan cara menghaluskan nenas lalu airnya diminum satu gelas sehari. Buah nenas mengandung protein, asam organik, dektrosa yang berlebih juga berdampak negatif karena buah nenas mengandung kalsium oksalat yang dapat mengakibatkan batu ginjal.

5. Delima Putih (Punica Granatum). Buahnya dipercaya sebagai pelangsing tubuh dan obat gangguan keputihan.

6. Kunci Pepet (Kaempferia Angustifolia). Disamping mengurangi lemak, kunci pepet juga berfungsi mengurangi berat badan. Kunci pepet mempunyai efek mengurangi selera makan. Namun, cukup baik jika dicampurkan dalam masakan harian.

7. Pinang (Areca Catechu). Untuk menurunkan berat badan, biji pinang diiris tipis lalu dijemur hingga kering. Tumbuk lumat menjadi serbuk. Setengah sendok teh serbuk tersebut direndam kedalam air panas semalaman lalu minu keesokan harinya dan petang bersama ampasnya. Ramuan tersebut diminum selama kurang lebih dua minggu.

8. Kemuning (Murraya Paniculata). Daun kemuning dipercaya berkhasiat mempertahankan sel tubuh agar tidak terganggu lemak. Untuk melangsingkan tubuh satu genggam daun kemuning segar, satu genggam daun mnegkudu ditambah temugiring setengah jari kelingking, tumbuk halus lalu ditambah satu cangkir air masak, peras dan saring, airnya diminum pada pagi hari sebelum sarapan.

9. Wortel dan mentimun. Jus wortel dengan mentimun juga dapat menurunkan berat badan. Caranya dua atau tiga batang wortel dan satu buah mentimun berukuran sedang diparut. Airnya diperas. Untuk memperkaya rasa dapat dibubuhi sari jeruk nipis. Jus ini dapat diminum sedikitnya dua hari sekali sampai Anda memiliki berat yang sesuai.

Sumber: Majalah Kemala Bhayngkari.

0 komentar:

Posting Komentar