Minggu, 08 November 2009

Manfaat Istighfar

Istighfar mengandung manfaat besar bagi siapa saja yang mendapat taufik dari Allah SWT, untuk itu dimanapun kita berada perbanyak membaca istighfar, antara lain

1. Manifestasi Kepatuhan Kepada Perintah Allah

Allah SWT telah memerintahkan dan menganjurkan kepada hamba-hamba-Nya supaya beristighfar. Dia menjanjikan ampunan, pahala besar dan anugerah yang agung bagi siapa yang melaksanakannya.


2. Faktor Pembawa Rezeqi

Istighfar merupakan salah satu faktor terbesar dan terpenting untuk memperoleh rezeqi dengan karunia Allah.


3. Jalan untuk Masuk Surga

Barang siapa mengucapkan istighfar disiang hari dengan penuh keyakinan, lantas meninggal dunia pada hari itu sebelum sore, niscaya ia masuk surga. Barang siapa yang mengucapkanya dimalam hari dengan penuh keyakinan, lanta meninggal dunia sebelum pagi niscaya ia masuk surga.


4. Diampuninya Dosa dan Kesalahan

Qotadah Rohimatululloh berkata, “Al-Qur’an telah menunjukkan kepada kalian penyakit sekaligus oleh kalian. Penyakit kalian adalah dosa-dosa, sedangkan obat kalian adalah istighfar”.


5. Mencegah Terjadinya Adzab

Salah satu manfaat istighfar adalah sebagai satu sarana mencagah terjadi siksa dan adzab, sesuai dengan firman Allah SWT : “Dan Allah sekali-kali yidak akan mengadzab mereka, sedang kamu berada diantara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengadzab mereka, sedang mereka minta ampunan”. (Al-Anfal (8) : 33).


6. Meningkatkan Derajat Setelah Mati

Diriwayatkan Abu Huroiroh Rodhiyallahu’anhu, ia berkata : “Rosulullah SAW bersabda : “Sungguh Allah akan mengangkat derajat seorang hamba di surga. Maka kelak ia akan bertanya, “Ya Robbi, mengapa saya meraih derajat seperti ini?” Allah menjawab, “Karena istighfar yang dipanjatkan anakmu untukmu!”.


7. Sarana Mmperoleh Kebersiahan Hati

Diriwayatkan dari Abu Huroiroh Rodhiyallahu’anhu, ia berkata : “Sesungguhnya, apabila seorang mukrim melakukan dosa, maka dosa itu akan menjadi satu noda hitam dihatinya. Jika ia bertaubat meninggalkan dosa dan beristighfar, maka hatinya akan dibersihkan dari noda itu”.


8. Sarana untuk Memperoleh Anak

Ini merupakan kabar gembira bagi setiap orang yang berharap mempunyai anak dan keturunan yang sholih.


9. Sarana Memperoleh Kesehatan dan Kekuatan

Firman Allah, “Yumati’kum mata’an hasanan”, merupakan dalil bahwa istighfar merupakan saran bagi hambanya untuk memperoleh kenikmatan dan salah satu bentuk kenikmatan itu adalah kesehatan, keselamatan dan kekuatan.



Sumber : Dahsyatnya istighfar, Hasan bin Ahmad Hamam

0 komentar:

Posting Komentar