Rabu, 07 Oktober 2009

Makanan Terbaik Untuk Penderita Hipertensi

Hipertensi merupakan salah satu kondisi yang dapat membahayakan kesehatan seseorang, penyakit ini beresiko lebih tinggi mengalami gangguan Kardiovaskuler seperti gagal jantung bahkan kematian mendadak. Hipertensi disinyalir bertanggung jawab atas 7.1 juta kematian/tahun di seluruh Dunia. Pengaturan pola dan jenis makan yang tepat adalah kunci penting mencegah hipertensi. Berikut beberapa makanan yang baik bagi penyandang hipertensi.

  • Ikan
Ikan paling menyehatkan, tinggi protein dan rendah lemak. kandungan asam lemak omega 3 membantu mencegah pembentukan plak pada dinding pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan mencegah tekanan darah tinggi. Minyak flaxseed(minyak ikan) juga kaya akan omega 3.


  • Jus Seledri
Orang cina sudah lama menggunakan jus seledri untuk tekanan darh tinggi. Minum jus seledri 2-3 gelas/ hari dapat mencegah tekanan darah tinggi atau mengembalikan tekanan darah ke level normal. Seledri juga bagus untuk orang menderita asam urat.




  • Minyak Zaitun
Sejak lama digunakan dalam diet ala Mediterania dan menunjukkan manfaat terhadap lemak darah dan menurunkan tekanan darah. Gunakan senantiasa dalam masakan maupun salad.
  • Buah & Sayuran
ini hukumnya WAJIB di konsumsi oleh orang penderita hipertensi setiap hari.

  • Ketimun
Buah berair banyak ini membantu hidrasi tubuh dan menurunkan tekanan pada pembuluh nadi. Mkanlah 2 buah ketimun setiap hari selama 2 minggu.
  • Cuka Apel
mungkin kita heran pendengar ini,,tapi in ada khasiatnya. cuka apael didapat dari fermentasi buah apel diklaim mapmu mengobati berbagai penyakit, diantaranya menurunkan tekanan darah dan mengencerkan darah. Pada pagi hari saat perut masih kosong, minumlah segelas air hangat yang dicampur 1 sendok makan cuka apel dan 1 sendok teh madu secara teratur. Tujuannya melancarkan pencernaan agar tidak kesulitan baung air besar. Katanya susah (BAB) bisa membuat kesel dan emosi sehingga memicu tekanan darah tinggi.



NB: Makanan yang mesti dihindari
  1. Garam
  2. Gula Pasir
  3. Kopi
  4. Alkohol

0 komentar:

Posting Komentar